Ms.Excel dibuat oleh Microsoft untuk memudahkan orang dalam menghitung angka. Sering pemakai Ms.Excel dihadapkan dengan permasalahan yang berkaitan dengan merubah (konversi) data kolom tunggal ke data tabel dengan bentuk susunan berupa kolom dan baris. Sebenarnya untuk merubah data tersebut dapat menggunakan rumus excel yang telah disediakan Ms. Excel secara “simple”.
Contoh kasus di atas, apabila Anda ingin merubah data yang berada di suatu kolom (kolom sebelah kiri) menjadi suatu tabel yang tersusun dari kolom dan tabel (kolom tabel sebelah kanan), Anda dapat menuliskan rumus di sel E3 seperti berikut:
=OFFSET($C$5,(5*(ROW()-ROW(E$5)))+(COLUMN()-COLUMN($E11)),0,1,1)
Tahapan selanjutnya yakni Anda cukup drag sel dari sel E3 ke sel ataupun range yang diinginkan sesuai jumlah kolom dan baris yang dibutuhkan.
Catatan:
Pengaturan kasus di atas dapat Anda lakukan modifikasi rumus sesuai data yang Anda miliki.
Angka 5 (berwarna hijau) adalah jumlah data dari kolom tunggal (gambar sebelah kiri).
Anda masih belum paham? Coba Anda langsung praktekkan rumus tersebut di Ms. Excel Anda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar